Bermain Monopoli adalah hal yang sangat menyenangkan. Membeli tanah, mendirikan rumah dan hotel, serta memiliki tempat-tempat strategis seperti terminal bis, bandara, perusahaan listrik, dll. adalah tujuan dari permainan ini. Pemenangnya tentu saja sang “Tuan Tanah” dari seluruh petak dalam papan Monopoli tersebut. Saya termasuk pemain Monopoli yang agresif lho! Maklum saya dari kecil memang sudah bercita-cita untuk menguasai dunia. Seperti orang Yahudi saja.^^ Sebelum kita bermain Monopoli tidak ada salahnya kalau kita mengenal sejarah Monopoli tersebut.

Kakek-kakek mai MonopoliAyo sini uangnya! Jangan ditarik dong nanti sobek…

Sejarah MonopoliMonopoly Logo

Sebelum Monopoli sudah ada permainan-permainan yang serupa, di antaranya adalah The Landlord’s Game yang diciptakan oleh Elizabeth Magie untuk mempermudah orang mengerti bagaimana tuan-tuan tanah memperkaya dirinya dan mempermiskin para penyewa. Magie memperkenalkan permainan ini di tahun 1904.

Monopoly PertamaThe Landlord’s Game – Monopoli Pertama di dunia (1904)


Walaupun permainan ini dipatenkan, tidak ada produsen yang memproduksinya secara luas sampai tahun 1910 oleh The Economic Game Company di New York. Di Britania Raya permainan ini diterbitkan pada tahun 1913 oleh The Newbie Game Company di London dengan nama Brer Fox an’ Brer Rabbit.

Selain melalui penjualan, permainan ini juga tersebar dari mulut ke mulut dan variasi-variasi lokal juga mulai berkembang. Salah satunya adalah yang disebut Auction Monopoly atau kemudian disingkat menjadi Monopoly. Permainan ini kemudian dipelajari oleh Charles Darrow dan dipatenkan dan dijual olehnya kepada Parker Brothers sebagai penemuannya sendiri. Parker mulai memproduksi permainan ini secara luas pada tanggal 5 November 1935.

Monopoly 1936Monopoli pertama yang dikomersialisasikan menjadi sebuah permainan dunia

Untuk lebih jelasnya tentang Monopoli, silahkan lihat di Wikipedia tentang Monopoli (panjang kalau saya jelaskan – menulisnya bikin pegal)

Dan berikut ini adalah foto-foto Monopoli yang pernah terdapat di Indonesia di tahun 1945 dan era 90an:

Monopoli Kamp-TjidengMonopoli Kamp-Tjideng (1945)

Monopoli Kreasi BaruMonopoli Kreasi Baru (kira2 awal 1990)

Monopoli EkslusifMonopoli Ekslusif (masih di tahun 1990)

Monopoli Dunia InternasionalMonopoli Dunia Internasional (1995)

Monopoli Kreasi Baru MaknitMonopoli Kreasi Baru Maknit (1995)

Monopoli Indonesia Gaya BaruMonopoli Indonesia Gaya Baru (1996)

Monopoli IntercontinentalMonopoli Intercontinental (1996)

Monopoli Laga InternasionalMonopoli Laga Internasional (1997)

Monopoli Indonesia Gaya Baru + Bonus Ular tangga & HalmaMonopoli Indonesia Gaya Baru + Bonus Ular tangga & Halma (1997)

Monopoli Indonesia Gaya Baru 2Monopoli Indonesia Gaya Baru 2 (1998)

Monopoli Laga Internasional MagnitMonopoli Laga Internasional Magnit (1998)

Monopoli InternasionalMonopoli Internasional (1998)

Monopoli Up To Date HotelMonopoli Up To Date Hotel (1998)

Monopoli Laga International MagneticMonopoli Laga International Magnetic (1998)

BaliopolyBaliopoly -Monopoli Pulau Bali (1999)

Selain itu, ada juga monopoli-monopoli baru yang kini banyak bermunculan, baik itu seri Internasional, Continental, Nasional, maupun Lokal. Monopoli lokal contohnya adalah Monopoli Jogja.

monopoli jogjaMonopoli Lokal Kota Jogjakarta

nikita willy_monopolyNikita Willy saat launching Monopoly edisi Indonesia

Bagi yang ingin bermain Monopoli gratis, silahkan klik di sini! –> MONOPOLI GRATIS!!

Atau mungkin ada yang mau bermain Star Monopoly (apa itu??) Langsung aja ke TKP, gan!

Dan bagi yang malas menginstall bisa juga bermain game Monopoli Online. Dalam Monopoli Online ini kita bisa memilih tempat sesuka hati yang kita mau di belahan dunia manapun!! Itu semua karena teknologi dari Google Maps. Saya juga sedang mencobanya. Tadinya saya mau membeli jalan di sekitar rumah saya, tapi keburu dibeli orang lain, maklumlah segitiga emas di timur Jakarta. :D Dan akhirnya saya membeli jalan di depan SMA saya dulu. Dalam Monopoli Online ini pada awalnya kita akan diberikan modal uang sebesar M 3.000.000 (baca tiga juta uang monopoli) untuk membeli jalan, membangun rumah, membangun gedung, menyewa properti pemain lain, dan tentu saja menawar properti pemain lain. Berminat memainkannya?? Langsung aja deh, cekidot!! –> MONOPOLY ONLINE

Ini contoh Monopoly City Street yang sedang saya mainkan :

Monopoly City Street Coba tebak itu jalan ada di daerah mana?? :D

Sebagai penutup dari saya, di beberapa negara Monopoli dilarang beredar dan dimainkan karena dianggap mengajarkan nilai-nilai kapitalisme.

(Tio Alexander™)

About these ads