Istilah-istilah di bawah ini sering sekali saya dengar dari kawan-kawan saya yang bekerja di kantoran. Apa saja sih istilah-istilah mereka?? Cekidot!!

ASAP
Singkatan dari As Soon As Possible, biasanya dipakai oleh atasan yang minta laporan dari bawahannya. Paling malas dapat email yang subjeknya ASAP pakai huruf besar. Biasanya laporan ini sifatnya dadakan banget. Celakanya, bagi bawahan, laporan inilah yang biasanya paling lama dicuekin, alias tak diduga-duga kalau sewaktu-waktu bos minta, walhasil… lembur sampai pagi!

TENTATIVE
Kata sakti yang biasanya dipakai untuk menjelaskan sesuatu di masa depan yang kurang jelas menjadi lebih nggak jelas. Apalagi kalau dalam suasana meeting yang sudah sangat tidak produktif dan super ngebosenin, kalo bisa semua keputusan bersifat tentative. Yang penting cepat pulang.

MEETING
Harusnya sih RAPAT dalam EYD. Tapi mo gimana lagi? Dah bekennya begitu, kalau bilang rapat, kesannya mau ke pak RT atau pak Lurah aja.

MeetingSuasana Meeting di Kantor… enak tuh nasi kotaknya KFC!! :p

TARUH DI MEJA SAYA
Salah satu dari sedikit kalimat berbahasa Indonesia yang dapat mewakili status si pengucapnya. Biasanya kalimat ini diucapkan oleh : Owner kepada Direktur. Direktur kepada GM. GM kepada Manager. Manager kepada Supervisor. Supervisor kepada Staff . Staff kepada OB dan terakhir OB kepada tukang bubur ayam. Kebayang kan? Betapa susahnya kalau sang owner mau sarapan bubur?

AFTER LUNCH
Untuk menunjukan waktu yang harusnya jam 1 siang, tapi biasanya kalimat ini dipakai kalau janjian dengan level sesama manager atau diatasnya. Kalau masih janjian sesama staff atau supervisor mah simpel aja “Habis makan deh” atau “Makan dulu, bro, baru kita sambung” Note : Setinggi-tingginya level anda, jangan sampai bilang “Makan dulu, bro.” ke owner.

COFFE BREAK
Kebiasaan para pegawai malas yang tidak produktif. Sering dilakukan oleh bos atau para staff. Bos punya jadwal coffe break maksimal cuma 2 kali sehari dan melakukannya di ruangan sendiri. Nah, kalau staff sering mencoba melakukan gerilya coffe break sesering mungkin di pantry, kantin atau smoking room. Dan sering panik kalau bos tiba-tiba memanggil. Ketika ditanya kemana, alasannya kreatif sekali. Fotokopi lah, ngejilid lah, toilet lah sampai alasan minta data dari komputer teman, gara-gara YM-nya lagi trouble.

sepiSuasana kantor sewaktu makan siang… sepi…

LEGALITAS
Campuran Indonesia-Inggris yang menunjukan keadaan pekerjaan yang sudah sampai ke level menengah ke atas. Biasanya kata ini terucap ketika hasil atau proses produksi perusahaan tersandung sengketa. Heran, kenapa selalu kesebut kalau lagi kisruh ya? Contoh kalimat favorit “Kok bisa begitu? Legalitasnya kan sudah OK semua! Apa? Dia ngajak bawah tangan? Kuliah di mana sih tuh orang?”

OVERTIME
Bahasa Indonesianya Lembur. Tapi somehow, overtime lebih keren. Soalnya kalau lembur kayak OB & Driver.

13th SALARY / BONUS
I love this sentence /word. Kalau nggak mengundang uang, seenggaknya mengundang kehebohan dalam kebersamaan. Dimana divisi-divisi yang tadinya bermusuhan & berseteru, tiba-tiba bersatu padu dalam kekompakan nan mengharu biru.

BREAKFAS/LUNCH/DINNER MEETING
Kalau owner atau direktur yang melakukannya, terbukti efisien dan tepat guna. Kalau manajer yang melakukannya terbukti menjadi alasan ulur-ulur jam istirahat dan pemborosan budget perusahaan, sementara hasilnya tetap gantung. Kalau perlu melebar ke shopping meeting, karaoke meeting atau outbound meeting (biasanya ke Puncak. Syukur-syukur Bali)

ENTERTAINMENT
Hampir sejenis dengan penjelasan di atas. Bedanya produk yang dihasilkan berupa New Project atau sekedar ucapan terima kasih. Namun buntutnya lebih panjang, apalagi menyangkut new project. Budget yang disediakan pun lebih besar. Biasanya dilakukan oleh pimpro. Jenis entertaint juga bermacam-macam tergantung sifat pimpro-nya. Ada yang cuma sekedar dinner, karaoke malah sampai ke meja panti pijat plus plus di sekitar Fatmawati, Melawai atau daerah Kota & MangBes. Dengan satu tujuan mulia : Yang penting proyek jebol.

OUTING / OUTBOUND
Inisiatif manajemen perusahaan dalam me-re-fresh karyawannya. Dengan tujuan agar lebih bugar dan kompak menghadapi masalah2 di kantor. Sementara terkadang para karyawan mendapat hasil yang jauh lebih maksimal dari pada sekedar bugar. Affair. Moment jo. Moment.

925 (NINE TO FIVE)
The International Office Hours. Bedanya, di negara maju dengan 925 bisa mencapai hasil yang maksimal, kalau di Indonesia 825 pun harus dibumbui overtime, dengan catatan nggak janji beres ya.

24/7 (TWENTY FOUR SEVEN)
24 jam sehari 7 hari seminggu. Kalimat sakti para bos untuk mengintimidasi tangan kanannya, dengan diiming-imingi bonus yang masih berada di gray area (baca : Kerja rodi dulu, bonus belum tentu, tergantung jebolan proyek)

PANTRY
Seharusnya sih tempat persiapan para OB untuk bikin kopi, siapkan sarapan dan sejenisnya. Tapi sesuai kebutuhan dan kreatifitas daya khayal karyawan, ruangan ini bisa menjadi multifungsi sebagai smoking room, gossip room, breast pump room, dan ruangan bagi komunitas underground lainnya. Pokoknya dari semua ruangan, pantry adalah ruangan paling top!

OB (OFFICE BOY)
Para malaikat penyelamat. Pahlawan tanpa tanda jasa. Percayalah, bila tak ada OB, niscaya hancur seluruh kegiatan ekonomi perusahaan. Telepon boleh mati. Fax boleh rusak. Tapi kalau OB sakit? Stress menghinggapi seluruh kantor.

MESSENGER
Teman seperjuangan OB. nasibnya-nya kurang lebih sama dengan OB. Tapi bedanya messenger lebih mobile karena tugasnya mengantarkan dokumen-dokumen penting. Pekerjaan nan mulia sungguh. Walau terkadang jadi korban tangan-tangan karyawan jahil yang ingin menitipkan kado ke pacar yang letak kantornya (sangat amat) berjauhan.

JOBDESC
Stands for Job Description. Detail pekerjaan karyawan yang dituangkan dalam kontrak kerja. 80% dari JobDesc biasanya dianggap sepele dan dicuekin. Sebaliknya, apabila gaji dipotong 80% malah akan menjadi bencana & malapetaka.

TOILET
Selain tempat buang hajat dan dandan, toilet bisa menjadi ruangan pemersatu umat. Dimana sekali seminggu, sebulan, setahun atau bahkan seumur hidup si kasta rendah bisa berada satu ruangan dengan si kasta agung (kalau beruntung malah dalam keadaan celana melorot, dasi kena kencing, kolor longgar, lagi ngeden, bau kentut dsb.)

YM-an
Sejatinya, YM bisa berguna sebagai data transfer device yang sangat effisien tanpa harus melibatkan kehadiran flash disk. Namun ditangan-tangan orang yang tidak bertanggung jawab, alat ini berubah fungsi menjadi tempat pembicaraan kaum underground mengenai bentuk muka si bos yang aneh, ketidakpuasan kebijakan manajemen, sampai janji kencan after work antar oknum lain divisi.

SOUNDING
Istilah untuk pemberitahuan sesuatu yang harus di-updated kepada divisi-divisi yang bersangkutan. Walaupun harusnya bersifat tulisan dan resmi, namun di tangan karyawan kebanyakan, sounding selalu bersifat verbal/oral Sehingga pada akhirnya yang terjadi buka update yang didapat melainkan word up atau malah fist up? (baca : tuduh2an/lempar-lemparan).

CC & REPLY ALL
Istilah email yang selalu jadi bahan pembelaan nomor satu apabila proses sounding menjadi kisruh. Berdoa aja emailnya benar-benar sampai, bukan mailer daemon atau lebih parah lagi masih ada di draft folder.

MAN BEHIND THE DESK/ORANG KANTORAN
Ledekan para tenaga operasional lapangan kepada karyawan administrasi, apalagi yang berdasi. Namun karyawan adminstrasi menyikapi dengan bijak, berupa keputusan tahan gaji, memotong uang lembur atau penyulitan administrasi kasbon dan cuti. Dengan alasan cerdas yang bersifat sangat teknis nan membingungkan tentunya.

AFFAIR
Bahasa Indonesianya : SELINGKUH artinya (some might says) SELingan INdah KeluarGa UtuH. Salah satu dari sangat sedikit hal yang membuat semangat datang ke kantor.

FOLLOW UP
Kegiatan yang paling enak diucapkan namun paling malas dilakukan.

CONCERN
Bentuknya macem-macam ada Tax Concern, Managemet Concern. Salary Concern, Employees Concern Namun apapun dan bagaimanapun bentuknya, concern ini pasti berujung dengan meeting nan membosankan yang sangat menguras waktu dan tenaga.

KASBON
Selamat hari ini. Celaka hari esok.

REIMBURSEMENT
Kata benda yang sangat diharap-harapkan kehadirannya oleh karyawan. Terutama bagi karyawan yang sangat mengabdi pada perusahaan. Karena bagi lidah orang Indonesia kata ini sangat sulit dilafalkan, maka dapat disingkat menjadi rembes atau rembesan. Contoh :

“Eh cuy, rembesan gw dah keluar belom?
“Belom nih cong, masih nyangkut di plafon”
“Dipercepat dong. Bokek nih”
“Beres. Jangan lupa traktirannya ya. Udah gw bantuin nih. Lo kan tau si bos paling lama soal begituan”

Jadi, reimbursement juga dapat menjadi semacam pungutan liar bagi bagian keuangan.

I HATE MONDAY
Terucap seminggu sekali. Biasanya di Senin pagi pukul 6. Hidup terasa berat & membosankan. Apalagi kalau pekerjaan menumpuk & jadwal meeting yg padat ada di depan mata.

MIDWEEK MADNESS
Mengambil istilah dari acara Rock MTV tahun 90-an. Saking annoying-nya saya malas menjelaskannya. Kalau yang orang kantoran bakalan mengerti.

THANKS GOD IT’S FRIDAY
Hari dimana 925 sama sekali tidak berlaku. Istirahat 2 jam, dengan alasan solat jumat. Padahal malah ngelayap ke Gramedia/Gunung Agung. Karyawan wanitapun nggak mau kalah dengan merayakan jumat siang dengan shopping dan makan siang di ujung dunia. Kayaknya bahagiaaaaa banget!

jalan-jalan kantoranJalan-jalan di Hari Jum’at

ANNUAL LEAVE
Sesuatu yang lebih ditunggu-tunggu kehadirannya. Saking kreatifnya, karyawan bisa mengatur jadwal cutinya sesuai dengan keluarnya bonus sekaligus ketika kejadian proyek lagi ribet-ribetnya. Hebat kan?

LONG WEEKEND
Tidak ada kata yang tepat untuk mendeskripsikan kalimat ini kecuali : Anugerah Yang Terindah Yang Pernah Kumiliki.😀

Sumber : Kaskus (telah diedit oleh Tio Alexander)