The SurrogatesKetika robot membuat manusia malas dan mulai menyulut masalah.

Film ini menceritakan tentang suatu masa di tahun 2017, yang sepertinya terlihat seperti masa kini namun lebih maju teknologi robotiknya. Di masa itu terdapat sebuah teknologi robot yang dapat menggantikan aktivitas sosial manusia sehari-hari, yang rupa fisiknya lebih tampan atau lebih cantik dari manusia pengendalinya. Bahkan, ada manusia laki-laki yang mengendalikan robot pengganti perempuan!! Hiii…serem banyak homonya!! (najis)

Cerita bermula dari detektif FBI, Tom Greer (Bruce Willis) yang sedang menangani pembunuhan terhadap dua robot pengganti. Salah satu robot pengganti itu adalah milik Jarid Canter (Shane Dzicek) anak dari Canter (James Cromwell) pencipta robot-robot itu. Masalah kedua, adalah pembunuhan terhadap robot pengganti kali ini berakibat fatal. Sampai tahap membunuh manusia yang ada di belakang kendali robot.

Masalah jadi kompleks karena Canter yang merupakan bekas bos VIS, perusahaan yang memproduksi robot, ikut terseret kasus ini. Laki-laki tua itu menjadi benang merah dari pembuhan dan penciptaan senjata berbahaya yang mampu merobohkan robot beserta tuannya. Masalah lainnya adalah ketergantungan manusia terhadap robot pengganti. Mereka sudah kurang lebih 11 tahun beraktivitas sehari-hari dengan robot pengganti.

Di film ini kita juga akan menemukan karakter seorang kakek berambut gimbal (bukan Mbah Surip), yang dipanggil dengan sebutan “The Prophet”.Secara visual, tampilan robotnya jauh dari robot Transformers. Tidak terlalu istimewa, sekilas mengingatkan kita sama tampilan robot di film I Robot. Make up para robot buatan dan jalan ceritanya patut diacungkan jempol. Genre film ini sih katanya film action, walaupun akhirnya diakui sebagai film fiksi ilmiah, tapi saya tidak merasa ini adalah film action, paling-paling ada kejar-kejaran dan tembak-tembakannya saja, namun secara keseluruhan ini adalah film yang ingin mengungkapkan misteri konspirasi yang terjadi di dalam cerita tersebut.

Berikut ini adalah Trailernya :

Film ini diambil dari komik yang berjudul sama, yaitu “The Surrogates” karya Robert Venditti. Diterbitkan secara terbatas oleh Top Shelf Productions. Penggambar komiknya sendiri adalah Brett Weldele. Pada tahun 2009, dibuatlah novel grafis prekuelnya dengan judul, “The Surrogates : Flesh and Bone”. Dan kemudian baru dibuat filmnya dengan judul “The Surrogates”. Diproduksi oleh Walt Disney Picture dan didistribusikan melalui Touchstone Picture. Sutradara film ini adalah Jonathan Mostow, yang sebelumnya pernah mengarahkan The Net, Catwoman, dan Terminator 3. The Surrogates dibintangi oleh Bruce Willis (Tom Greer), Radha Mitchell (Peters), Rosamund Pike (Maggie), Boris Kodjoe (Stone), James Ginty (Canter), James Cromwell (Older Canter), the Prophet (Ving Rhames). Filmnya sendiri saat ini sudah tayang (25/09/09) di bioskop-bioskop di Indonesia.

Novel The SurrogatessKomik The Surrogates

The Surrogates Film The Surrogates

surrogates

surrogates2

surrogates3

the prophet surrogatesAda karakter mirip Almarhum Mbah Surip-nya juga di film Surrogates!!🙂

NOTE : Saya suka sekali dengan film-film yang bergenre futuristik (masa depan) dengan teknologi-teknologi canggih yang tidak dapat kita bayangkan sebelumnya, walaupun sebenarnya film ini masih banyak kekurangannya, diantaranya setting lingkungannya yang kurang begitu futuristik. Secara keseluruhan saya beri nilai 7,5/10 untuk film ini.🙂