Sangat disayangkan apabila orang-orang Indonesia yang dikenal memiliki banyak inovasi sejak zaman kerajaan-kerajaan besar dahulu saat ini banyak menanggalkan jiwa kreativitasnya. Tidak tanggung-tanggung, dari film, sinetron, lagu, bahkan iklan pun ada yang meniru sama persis! Benarkah begitu? Mari kita lihat sama sama tayangan video iklan “Gery pasta : versi Nikita dan adiknya.” dengan iklan “Papico” dari Jepang.

Bandingkan dengan iklan PAPICO dari Jepang :

Bagaimana? Sama persis bukan? Saya tidak bisa berkata apa-apa lagi, karena ini urusannya sang pembuat iklan. Tapi, ternyata sudah ada komplain yang ditujukan kepada pihak GarudaFood tentang masalah ini. Berikut jawaban pihak GarudaFood atas komplain ini :

gery pasta

“Terima kasih atas perhatian Anda terhadap TVC Gery Pasta versi “Nikita dan Adiknya”. Setiap hari kita menyaksikan puluhan atau bahkan ratusan iklan baik yang muncul di televesi, Koran, majalah maupun internet. Dan tidak jarang kita menemukan ada iklan yang terkadang mirip satu dengan lainnya, baik dari segi ide maupun eksekusi. Bahkan di beberapa festival periklanan tingkat international pun ada beberapa iklan yang sama persis jika tidak mau dibilang mirip. Anda bisa melihatnya di situs ini http://www.joelapompe.net Mengenai iklan Gery Pasta yang disebut mirip dengan dengan Iklan Papico, dari segi konsep mungkin ada kesamaan dengan iklan Papico yang pernah Anda lihat, namun kami melihat tidak ada pelanggaran dalam iklan kami dan iklan tersebut juga sudah sesuai kaidah hukum di Peraturan Periklananan Indonesia. Ide kreatif sebuah iklan bisa 100% murni ide baru ataupun ide yang terinspirasi dari ide-ide lain. Seperti beberapa waktu lalu, iklan TVC Indosat Corporate Ad dengan tema “Hari Kebangkitan Nasional” terdengar mirip dengan lagu pada iklan Qantas “I Still Call Australia Home”. Bukan hal yang tidak mungkin kita akan menemukan iklan-iklan lain yang bisa mirip satu dengan lainnya karena suatu ide sangat lah luas, tidak terbatas dan juga tidak bisa steril dari ide-ide lain. Semoga penjelasan kami dapat memberikan informasi bagi Anda. Dan kami selalu terbuka terhadap saran atau kritik yang dapat membuat GarudaFood menjadi perusahaan yang lebih baik lagi. Terima Kasih.”

Itulah jawaban dari mereka, silahkan anda artikan menurut pendapat anda masing-masing. Yang jelas dalam dunia hiburan, kreatifitas adalah salah satu kunci kesuksesan. Sebagai penutup, saya berikan foto Nikita Willy yg imut-imut. 🙂

Nikita willyNikita Willy (29 Juni 1994)

Iklan