Nggak berlebihan kalau saya memajang gambar lemot di awal postingan ini, dan memang itu saya tujukan untuk Speedy. kalau nggak percaya lihat saja hasil SpeedTest koneksi internet saya kemarin (18/6/2010) siang :

Ini koneksi paling lambat selama saya menggunakan Speedy…

Hari ini pun saya harus membayar tagihan tepat waktu, berharap kecepatan pulih kembali setelah itu, tapi nyatanya… tetap lemot!

3 hari saya tidak bisa membuka Facebook. Padahal Facebook adalah jejaring sosial saya yang paling aktif setelah twitter dan kaskus. Tanaman di Farmville kering, begitupula di FrontierVille. Rasanya ingin mengobrak-abrik kantor Telkom (padahal dulu saya sempat kerja di sana beberapa bulan).

Waktu saya tanya ke operator di 147, seperti biasa jawaban mereka tidak memuaskan. Sepertinya Telkom tidak pernah berubah dari semenjak saya meninggalkannya. Operator yang ada di sana bahkan sama sekali tidak mengerti jaringan dan masalah-masalah koneksi internet. Jika saya yang dahulu mantan teknisi Telkom yang kini menjadi pelanggannya saja diperlakukan seperti ini, lalu bagaimana dengan pelanggan awam?

Telkom tidak mau mengakui kesalahannya

Satu hal yang paling mengesalkan dari pelayanan mereka adalah mereka tidak mau mengakui kesalahan ada pada mereka. Saat saya komplain ke 147, mereka bilang kabel modem saya lah kendor, atau bandwith habis lah, dll. Kalau kabel modem atau kabel telepon saya kendor, tentu saja saya bisa memperbaikinya sendiri, secara saya dulu teknisi. Dan untuk alasan bandwith habis, saya pikir mau kuotanya habis (saya pakai unlimited) tetap saja kecepatan yang saya terima tidak akan selambat itu. Saya memakai Speedy sudah hampir setahun, dan saya mengenal betul pelayanan mereka.

Seperti kemarin siang. Saya harus komplain sebanyak 3 kali telepon sampai mereka mau mengakui kesalahan mereka. Awalnya mereka menyalahkan modem saya dan kuota bandwith saya (alasan klasik) dan bilang bahwa hanya internet saya saja yang bermasalah, pelanggan lain baik-baik saja. Padahal di Kaskus saya lihat kemarin banyak juga yang mengalami nasib serupa seperti saya, bahkan ada pemilik warnet yang sepi pengunjung kemarin karena jaringan Speedy tidak bisa membuka Facebook. Tapi akhirnya mereka mau mengakui kalau memang sedang ada gangguan jaringan internasional. Dan saya menemukan balasan surat pembaca ini di Kaskus, tertanggal 18 Juni 2010.

Kami sampaikan permohonan maaf apabila layanan speedy di tempat anda belum memuaskan anda. kami tetap berusaha akan selalu memberikan layanan semaksimal mungkin kepada seluruh kastemer kami termasuk Bapak sendiri. Saat ini ada perbaikan di Kabel penghubung antara Dumai dan Malaka. Demikian kami sampaikan dengan harapan Bapak berkenan untuk bersabar sehingga kenyamanan Bapak dalam hal menggunakan Speedy tidak terusik lagi dan terima kasih. Salam Sukses Selalu buat Bapak

PT.TELKOM Tbk Area Jakarta Utara

Bukti Kaskuser-kaskuser yang juga mengalami gangguan :

Kenapa sih mereka nggak mau jujur saja!

Ingin sekali ganti ISP tapi tidak bisa

Pinginnya sih saya ganti ISP, tapi berhubung daerah rumah saya tidak memungkinkan ISP seperti Fastnet, dsb. (di sini hanya Speedy yang bisa) yah nggak ada jalan lain untuk tetap mempertahankannya, berharap nantinya mereka memperbaiki kekurangan mereka.

Kalau sudah begini apa mereka mau ganti rugi?

Buat orang Telkom, kalau mau jawab di sini saja. Sekalian manager customer service-nya yang jawab bila perlu.

