Mungkin banyak orang akan heran dengan fenomena luar biasa yang terjadi di Eropa saat ini, dimana Islam berkembang sangat-sangat-sangat pesat. Bahkan Inggris saat ini merupakan negara yang jumlah masjidnya paling banyak di Eropa Barat.

Tapi kali ini kita nggak akan membicarakan Eropa dan Inggris, kita ke Belgia dulu aja. Di sana ada fenomena yang nggak kalah luar biasa, yaitu banyaknya orang tua yang memberi nama depan anaknya dengan nama-nama Muslim, terutama Muhammad. Ini bukan sekedar wacana atau isu lho, tapi sudah merupakan data akurat yang dikeluarkan oleh badan statistik nasional Belgia sejak tahun 2007 lalu.

Lho kok bisa?

Seorang bayi muslim dari ras kaukasia

Saya juga nggak tau bagaimana ceritanya bisa sampai seperti itu. Tapi yang jelas kemungkinan besar karena budaya multi-kultural yang ada di sana. Multi-kultural dimulai semenjak adanya imigran yang datang besar-besaran dari Afrika Utara setelah perang dunia kedua. Pengetahuan tentang sejarah Islam yang benar juga turut membawa dampak positif bagi masyarakat Belgia untuk mengenal kesalehan Rasulullah Muhammad saw. Makanya nggak heran kalau ada yang non-muslim pun menamakan anak mereka dengan nama Muhammad.

Selain nama Muhammad di urutan pertama, ada juga nama Amin (keenam terpopuler), Ayub dan Mehdi (ketujuh terpopuler), dan Adam. Selain itu ada juga nama-nama anak perempuan seperti Aya (ketiga terpopuler), Yasmine (keempat terpopuler), serta Salma (ketujuh terpopuler).

Nama-nama berbau Islam tersebut justru mengalahkan nama-nama tradisional Belgia seperti Mathis (kesembilan) dan Hugo (kesepuluh). Walaupun masih banyak orang tua yang memberi nama anaknya seperti Nathan, Lucas dan Noah. Tapi nama-nama muslim di 10 besar nama-nama terpopuler agaknya aneh bagi sebagian besar warga dunia.

Sumber berita diterjemahkan oleh Tio Alexander dari Neurope.eu dengan artikelnya yang berjudul “The most popular baby’s name is… Mohammed”