Baru saja saya menerima sebuah komen di Blog ini dari seseorang tak dikenal. Dia sendiri mengaku telah membaca keseluruhan blog ini. Mungkinkah 264 Artikel dia baca semua? Sedangkan saya baru beberapa kali melihat namanya muncul di kolom komentar, dan itu pun seingat saya pertama kali muncul beberapa bulan lalu.

Orang itu menggunakan nama singkat, saya tidak tau itu nama aslinya atau tidak, tetapi saya menebak kalau itu bukan nama aslinya. Email yang dia gunakan juga email fiktif yang tak mungkin dibuat lagi di Yahoo kecuali mungkin 10 tahun lalu.

Yang unik, IP orang ini tergolong IP yang sudah masuk ke golongan spammer WordPress. Ada beberapa hal yang menjadikan IP seseorang menjadi diblacklist di WordPress. Salah satunya adalah karena komentar kasar, tidak sopan, menyinggung, menyulut permusuhan, dsb. Dan saya mensinyalir IP tersebut tergolong SPAM karena hal tersebut.

Orang tersebut menanyakan beberapa hal kepada saya. Yang pertama adalah siapa pemilik blog ini, kenapa tidak ada kolom about me-nya?

Sebagian besar pembaca setia blog ini sudah mengenal saya, dan sebahagiannya lagi mengenal baik saya. Mereka mengenal saya dengan nama Tio Alexander (nama pena saya) atau W.S. Darmadi (nama asli saya). Untuk mencari tau siapa saya sangat mudah, Google bahkan banyak mencatat nama Tio Alexander karena keaktifan saya di dunia internet sejak tahun 2000 silam. Sudah 10 tahun lebih saya mengenal dan bergaul dengan dunia maya.

Untuk menghubungi saya secara langsung pun sangat mudah. Di menu sidebar terdapat Twitter pribadi saya. Sengaja memang saya moderasi untuk mencegah “Alien” berbahasa non-Indonesia (kecuali kolega dan kawan lintas benua saya) memfollow saya. Bahkan siapapun orang Indonesia yang memfollow saya (kecuali akun iklan) biasanya langsung saya followback.

Selain twitter, terdapat pula Fans Page Un2kmU di Facebook yang dapat digunakan untuk menghubungi saya. Adapun Facebook saya telah saya privasi berlapis agar selain kawan-kawan saya tidak akan dapat mengkonfirmasi saya sebagai teman.

Mengapa sangat privasi?

Itu hak saya untuk mendapatkan privasi saya di ranah dunia maya yang liar ini. 10 tahun lebih saya mengenal dunia maya, tidak mungkin saya tidak mengenali seluk beluknya dengan baik. Pengalaman selama 10 tahun berinternet mengajarkan kepada saya untuk berhati-hati dalam menjaga indentitas pribadi.

Bukannya saya takut akan sesuatu hal lho. Waspada kan keharusan setiap manusia untuk dapat bertahan hidup, tetapi takut hanya kepada Allah semata. Allah pemilik kehidupan ini, dunia ini, raga ini, jiwa ini, pikiran ini. Jika saya diharuskan mati esok oleh Allah, maka hanya kepada Allah tempat saya berserah diri.

Bahasan blog ini juga banyak yang kritis dan menyerang kepentingan Zionisme. Bahkan jika saya seorang keturunan Yahudi sekalipun mereka akan tetap mengawasi saya, dan bisa saja membunuh saya. Saya ingin terus menulis untuk membangunkan kebanyakan umat manusia (khususnya Indonesia) yang telah lama terhipnotis oleh pengaruh-pengaruh Zionisme. Semoga Allah selalu melindungi kepentingan orang-orang yang ikhlas berjuang di jalan-Nya.

Jadi jelaslah bahwa Internet bagi saya bukan ajang untuk bernarsis ria dan membeberkan seluruh jati diri saya. Karena jikalau kakak saya masih hidup maka ia akan juga melarang saya untuk terlalu terbuka di dunia maya. Sadarlah bahwa dunia maya bagai pisau yang bermata dua.

Pertanyaan kedua : Apakah seluruh isi blog ini dapat saya pertanggung jawabkan?

Tentu saja, karena itu adalah keharusan bagi saya sebagai pemilik, pengelola, sekaligus penulis di blog ini.

Pertanyaan ketiga : Anda melarang copy paste tanpa sumber, tapi ada beberapa atikel di blog ini yang sama dengan blog lainnya, mereka menggunakan sumber, sedangkan anda tidak.

Untuk pertanyaan ini harus menyertakan artikel yang dimaksud. Karena ada beberapa alasan kuat bagi saya untuk memposting artikel tanpa sumber. Yang pertama adalah karena itu tulisan lama saya yang saya posting di internet sejak lama.

Saya memiliki blog bukan setahun ini saja. Pertama kali memiliki blog adalah sekitar tahun 2003-2004, tepatnya saya lupa karena itu sudah lama sekali. Pertama kali memiliki blog adalah di Geocities, kemudian Friendster, Multiply, Blogspot, lalu Blog.com.

Jika waktu itu saya sangat intesif menulis minimal seminggu sekali, dapat anda bayangkan berapa banyak tulisan yang saya hasilkan dari bermacam-macam blog tersebut. Terutama Blog.com yang terakhir tercatat waktu tahun 2007 ada sekitar 300-an artikel saya di sana. Sayang sekali Blog.com saya diblokir oleh provider karena tidak senang kami menyebarkan propaganda anti-Zionist.

Bahkan banyak diantara artikel-artikel saya tersebut yang tersebar di dunia maya tanpa sumber nama saya sebagai penulisnya. Saya hanya membiarkannya saja dengan harapan artikel tersebut dapat berguna bagi orang banyak. Karena alangkah bahagianya seorang penulis apabila pesan dalam tulisannya dapat tersampaikan dengan baik.🙂

Adapun artikel lainnya yang mirip namun tidak saya cantumkan sumber karena sudah saya modifikasi dengan berbagai tambahan atau perubahan dari pandangan saya atau gaya penyampaian saya. Tentu saja hal itu sudah menjadi tulisan modifikasi. Dan jika pemilik tulisan awalnya tersebut berkeberatan, saya akan dengan lapang dada menghapusnya. Namun sejauh ini hanya satu orang yang mengklaim salah satu tulisan di blog ini berasal dari blog lain, padahal dengan metode copyscape telah terdeteksi bahwa klaimnya gagal.

Di kolom sebelah mana dalam blog ini untuk menuliskan saran atau kritik?

Anda dapat meninggalkan komentar di kolom Un2kmU. Dan jika anda santun dalam berkomentar, dengan senang hati saya akan menanggapinya.

Syarat apa saja agar komentar dapat lolos moderasi di blog ini?

  1. Komentar dengan bahasa yang sopan dan dan menjaga kesantunan
  2. Komentar tidak bersifat kasar atau tidak sopan, tidak menyinggung, tidak menyulut permusuhan, dsb.
  3. Komentar sebaiknya tidak mengandung email dan nama fiktif
  4. Komentar bukan dari klonengan (IP sama, username beda)
  5. Komentar tidak mengandung link/URL hidup
  6. Komentar tidak mengandung promosi/iklan produk
  7. Komentar tidak mengandung pornografi dan sejenisnya
  8. dll. (mungkin akan ada tambahan sepanjang waktu berjalan)

Atas kurang lebihnya saya minta maaf. Saya hanyalah manusia biasa yang tak luput dari kesalahan ataupun kecerobohan. Hanya Allah lah yang Maha Sempurna atas segala hal dan sifat yang Maha Baik.

Tio Alexander