Menjelang sore begini, rata-rata pikiran kita yang sedang (belajar) berpuasa sudah banyak membayangkan segarnya es-es khas Indonesia, misalnya Es Cendol, Es Campur, Es Teler, atau Es Palu Butung dari Makkasar yang terkenal. Apalagi kalau melihat secara langsung orang yang sedang mencicipinya.

Bagi para amatir di bidang berpuasa Ramadhan, banyak yang nggak tahan akan godaan. Tapi saya yakin bagi yang amat mengerti tentang agama, apalagi mengerti tentang ilmu kesehatan, pasti akan melanjutkan puasanya. Karena sesungguhnya puasa itu nggak sekedar menahan lapar dan haus serta amarah, namun juga sebagai metode penyeimbang pencernaan kita. Kalau biasanya 11 bulan lamanya porsi kita makan semerawut (alias kadang kekenyangan sampai mau muntah dan atau bahkan kadang menahan lapar sampai kentut-kentut karena masuk angin), maka selama 1 bulan Allah memberikan kewajiban kepada kita untuk membebaskan tubuh kita dari perlakuan semena-mena kita.

Perlakuan semena-mena kita terhadap tubuh kita selama 11 bulan itu akan dinetralisir dengan berpuasa selama 1 bulan. Misalnya buat orang yang kelebihan lemak, kolesterol, asam urat, atau punya penyakit maag, penyakit pencernaan, migrain, dll. Nah saat bulan Ramadhan tubuh kita akan menyesuaikan tubuh kita kembali. Kalau istilah mesinnya main tenis.. eh maintenance. Selama 1 bulan tubuh kita di-maintenance (susah ya ngomongnya -_-!), maka selama 1 bulan itu pula kita akan merasakan berbagai keajaiban puasa. Misalnya rasa nyaman di perut setelah berbuka, kenikmatan yang bertambah saat menyantap makanan, dan tubuh kita yang lebih segar saat beraktivitas.

Tapi jangan salah juga dalam berpuasa! Jangan mentang-mentang nggak makan seharian lantas pas buka kaya orang nggak pernah lihat makanan seminggu. Kalau kita seperti itu, percuma dong terapi puasa buat pencernaan kita yang dijalani selama sebulan. Makan yang teratur ya.🙂

Sebagai hadiah karena sudah berpuasa selama sehari (dari subuh hingga maghrib) maka saya berikan yang segar-segar sebagai teman berbuka nanti sore. Tapi ini gambarnya aja lho, aslinya beli sendiri.😆

Es Teh Manis

Es Jeruk Peras

Es Kelapa Muda (Es Degan)

Es Cincau Hijau

Es Cincau Hitam

Es Koktail Buah

Es Merah Delima

Es Teler

Es Kelapa Kopyor

Es Cendol/Es Dawet (kesukaan Kaskuser)

Sop Buah

Es Campur

Es Blewah

Es Kacang Merah

Es Palu Butung

Aneka Es Serut yang nikmat..

Weleh-weleh… benar kata orang, bahwa Adzan Maghrib adalah lagu paling merdu saat bulan Ramadhan.😆