Fenomena Sun Halo di Yogyakarta

Hari ini (04/01/2011) orang banyak membicarakan tentang fenomena “HALO” atau cincin cahaya yang terlihat mengelilingi matahari. Objek yang tergolong langka di Indonesia tersebut terjadi di langit Jogja dan sekitarnya pada pukul 10:15 hingga 11:15 WIB. Lingkaran cahaya tersebut berbentuk pelangi dan terlihat sangat indah. Banyak orang mengaitkannya dengan pertanda adanya bencana. Dan semenjak siang tadi kawan-kawan saya banyak yang bertanya kepada saya tentang pertanda tersebut, benarkah pertanda akan terjadi bencana?

Pertanda Bencana kah?

Sebetulnya kejadian lingkaran pelangi sering sekali terjadi di berbagai belahan dunia, terutama setelah hujan. Karena sebetulnya hanya pembiasan cahaya biasa yang kemudian membentuk pelangi. Jika anda sering berpergian dengan pesawat terbang, maka anda akan mendapatkan peluang lebih untuk dapat melihat pelangi berbentuk lingkaran ini.

Oh iya, kejadian ini ternyata sudah pernah terjadi di Padang pada tanggal 21 Oktober 2010, dan nggak terjadi bencana seperti yang dihebohkan.😀

Berikut ini saya akan tampilkan beberapa foto “Sun Halo” atau kadang disebut “Circle Rainbow” yang terjadi di berbagai belahan dunia lainnya.

Sun Halo di New York

Sun Halo di Danau Champlain, Amerika Serikat

Sun Halo di sebuah tempat yang saya nggak ketahui😆

Sun Halo di Johannesburg, Afrika Selatan

Sun Halo di Afrika

Sun Halo di Kilimanjaro, Tanzania

Sun Halo di Changping, China

Sun Halo di Bangalore, India

Sun Halo di Langkawi, Malaysia

Selain Sun Halo, ada juga yang disebut dengan lingkaran “Sun Dog”. Biasanya Sun Dog terjadi di daerah beriklim Kutub ataupun di wilayah empat musim saat terjadi musim dingin yang bersalju. Sun Dog terjadi karena pembiasan cahaya dengan es.

Berikut bentuk dari fenomena Sun Dog :

Dan berikut ini adalah contoh fenomena Sun Dog yang terjadi di Swedia :

Fenomena Lingkaran Sun Dog di Swedia

Kesimpulan

Nah, seperti yang Rasulullah SAW ajarkan kepada kita bahwa sebelum mengabarkan sesuatu hal yang diluar pengetahuan kita, terlebih dahulu kita harus tabayun alias kroscek dulu sumber dan asal-usulnya. Jangan sampai apa yang kita beritakan malah dapat merugikan banyak orang. Terlebih isu bencana gara-gara penampakan lingkaran pelangi ini.

Dari kejadian pemberitaan isu bencana ini, justru hal terburuknya adalah kalau benar-benar terjadi bencana sungguhan bagaimana? Ingatlah sebuah hadits qudsi yang mengatakan bahwa :

“Sesungguhnya prasangka Allah tergantung prasangka makhlukNya.”

Akan sangat mengerikan apabila orang-orang yang tadinya berprasangka baik terhadap kejadian ini malah berubah menjadi prasangka buruk karena isu negatif yang tidak bertanggungjawab. Sebaliknya apabila kita berprasangka baik dan menyikapi kejadian ini sebagai salah satu pertanda kekuasaan Allah, maka Allah akan menambah keberkahan hidup kita. Karena sebetulnya fenomena ini adalah sebuah pesan dari Allah agar manusia selalu mengingat berbagai ciptaan dari Allah Yang Maha Sempurna. Bukankah mustahil lingkaran pelangi tersebut terjadi tanpa diciptakan, seperti halnya lingkaran semesta alam yang tersusun sempurna dan selalu seimbang pada tempatnya.🙂

~Tio Alexander